Merancang Produk yang Kreatif dan Inovatif

Kursi berderet, para peserta duduk rapi dengan khidmat. Kabarnya, desas-desus dari panitia para peserta sama antusiasnya ketika saya datang di hari pertama. Hari kedua, bersama-sama siswa-siswi SMP Sinar Parahyangan dan masih dengan tema besar yaitu kewirausahaan. Jika di hari pertama kita berdiskusi tentang Bisnis yang bertanggung jawab, untuk hari kedua sudah masuk kedalam hal yang lebih spesifik, yaitu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif. 

Seperti di hari pertama, mereka tampak antusias. Saya memantik dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, lalu mereka seolah-olah menerkam pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. 

Produk Kreatif dan Inovatif.Sebelum lebih jauh mendiskusikan produk yang kreatif dan juga inovatif, penting sekali untuk mengetahui beberapa hal ini. Pertama apa itu produk, apa itu kreatf dan apa itu inovatif?

Apa itu produk?

Seringkali kita mendengar istilah ini. Kita paham, namun terkadang kesulitan jika harus menjelaskan kepada orang lain. Apalagi jika mejelaskan lebih sistematis. 

Ada beberapa pandangan mengenai definisi produk yang disampaikan oleh para ahli manajemen. Salah satu tokoh yang sering muncul adalah Philip Kotler. Nah menurut Kotler produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Melihat penjelasan diatas saya menggaris bawahi beberapa hal diantaranya adalah keinginan dan kebutuhan. Menurut penting sekali kita menwarkan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Terkait produk yang inovatif dan kreatif kita harus bisa mengidentifikasi apa sih yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Tentu dalam menentukan produk apa yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak bisa berdasarkan asumsi, tetapi juga harus ada validasi terhadap asumsi yang kita miliki. Caranya? lakukan riset. Karena prodduk yang inovatif dan kretaif tentu akan mejawab segala permasalahan para konsumen. Dan itulah produk yang dibuuhkan oleh masyarakat.

Apa itu kreatif dan inovatif?

Terkadang kita masih keliru apa itu kreatif dan apa itu inovatif atau bahkan kita tukar sebenarnya apa itu kreatif dan apa itu inovatif nah kita kan coba jelaskan apa itu kreatif bicara mengenai kreatif dikutip dari keydifferences.com kreatif adalah hal hal yang berkaitan dengan upaya mengeluarkan potensi pikiran untuk memperoleh ide gagasan cara alternatif atau kamu keluar unik dan berbeda

Sedangkan inovatif inovatif dikutip dari ideatvalue.com menyebutkan bahwa inovasi adalah perluasan gagasan atau ide yang pernah ada untuk kemudian direalisasikan jadi sebuah tindakan inovatif sangat berhubungan dengan kreatif karena memanfaatkan ide yang diperoleh dari pemikiran kreatif.

Merancang produk kreatif dan inovatif dengan menggunakan Business Model Canvas

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk merancang produk yang kreatif dan inovatif salah satunya adalah dengan menggunakan BMC (Business Model Canvas). Sebelum berbicara lebih jauh  mengenai Businnes Model Canvas kita juga harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu sebernya bisnis model.

Nah menurut Zott dan Amit menjelaksn bahwa model bisnis dapat dilihat sebagai template bagaimana sebuah perusahaan melakukan bisnis, bagaimana memberikan nilai kepada pemangku kepentingan misalnya perusahaan pelanggan mitra dan lain-lain dan juga bagaimana menghubungkan faktor dan pasar produk. Sedangkan menurut Aleksander Osterwalder model bisnis adalah tempat manajemen strategis yang membantu bisnis untuk menggambarkan, merancang, dan menganalisis model bisnis mereka. Dari kedua penejelasan tersebut kita bisa melihat pentingnya model bisnis sebagai alat bantu dalam menjalankan bisnis.

Kenapa bisa model bisnis itu penting?

Model bisnis itu penting,  pertama agar bisa membantu si pelaku usaha tetap fokus dalam menjalankan usahanya. Kedua model bisnis itu penting karena bisa membantu memetakan bisnis dan yang ketiga pedoman dalam menjalankan bisnis serta yang ke empat pentingnya bus model adalah untuk upscale skala bisnis itu sendiri.

Apa sih itu business model canvas?

Berbicara mengenai Business Model Canvas ada definisi yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Business Model Canvas adalah suatu alat atau tools yang digunakan untuk memvisualisasikan sebuah konsep atau ide bisnis ke dalam sebuah kanvas dengan tujuan agar mudah dipahami. Jadi fungsi daripada Business Model Canvas itu sebagai alat atau tools supaya bisnis yang kita jalankan tergambarkan sehingga dapat kita pahami dengan mudah.

Rasanya harus ada sesi khusus bagaimana cara kita mengisi atau menyusun BMC namun secara gambaran garis besar di BMC ini adalah blok yang harus diisi satu persatu. Ada sekitar sembilan blok dalam BMC yang pertama ada costumer segment, yang kedua ada value proposition, yang ketiga ada customer relationship, yang ke empat ada channel, yang kelima revenus stream yang keenam ada key activities yang ke tujuh ada key resource yang ke delapan ada key partners dan yang kesembilan ada cost structure.

BMC ini bisa dijadikan salah satau alat bantu untuk merancang produk yang kreatif dan inovatif. Dan harapannya produk yang tawarkan memenuhi kebutuhan dan menjawab permasalahan para konsumen. Untuk lebih lanjut perlu dibahas sesi khusus BMC.